Mengikuti Sosialisasi PKH (Program Keluarga Harapan)

Hari ini Senin 8 Juli 2013 mengikuti sosialisasi PKH (Program Keluarga Harapan) yang diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Sosial Kabupaten Trenggalek. Kegiatan sosialisasi ini bertempat di Pendopo Manggala Praja Nugraha Kabupaten Trenggalek. Pada undangan tertulis 07.30 tapi acara dimulai pukul 09.30 anggap saja salah ketik seharusnya 08.30 jadi molornya saya anggap 1 jam 😀 ga penting yach… yang penting itu adalah apakah yang dimaksud PKH? … Ok sedikit yang masih tercatat mengenai PKH.

Apakah PKH itu ??
PKH adalah program pemberian uang tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) berdasarkan persyaratan dan ketentuan yang ditetapkan dengan melaksanakan kewajiaban.
Siapa peserta PKH??
Peserta PKH adalah Ibu Rumah Tangga dari keluarga yang terpilih melalui mekanisme pemilihan oleh BPS sesuai kriteria yang ditetapkan (Ibu Hamil/Nifas, memiliki bayi s/d usia prasekolah dan anak usia sekolah dasar-SMP)
Apa hak peserta PKH ??

  • Menerima bantuan uang tunai
  • Menerima pelayanan kesehatan (Ibu dan bayi) di puskesmas, posyandu, dan lain-lain
  • Menerima pelayanan pendidikan bagi anak usia wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun

Apa kewajiban ibu ??

  • Ibu Hamil : memeriksakan kehamilan setidaknya 4 kali selama masa kehamilannya
  • Ibu Melahirkan : Proses kelahiran ditolong oleh tenaga kesehatan terlatih
  • Ibu Nifas : Ibu yang telah melahirkan harus memeriksakan kesehatannya minimal 2 kali sebelum bayi mencapai usia 28 hari

Apa kewajiban anak ??

  • Bayi Usia 0-11 bulan : anak dibawah 1 tahun harus diimunisasi lengkap dan ditimbang secara rutin tiap bulan. Mendapat suplemen vitamin A (2 kali setahun)
  • Anak Usia 1-5 tahun : mendapat imunisasi dan pemantauan tumbuh kembang setiap 3 bulan.
  • Anak Usia 5-6 tahun (prasekolah) : anak mendapat pemantauan tumbuh kembang.
  • Anak Usia 7-15 tahun : wajib terdaftar di satuan pendidikan setara SD/SMP dan hadir di sekolah minimal 85%/bulan dari hari efektif.
  • Anak Usia 16-18 tahun (Belum menyelesaikan pendidikan dasar/SMP) : wajib terdaftar di satuan pendidikan kesetaraan dan hadir di sekolah minimal 85%/bulan dari hari efektif.

Kesuksesan PKH ini bukan hanya tanggung jawab kementerian sosial saja, tetapi juga menjadi tanggung jawab beberapa instansi yang lain diantaranya kementerian pendidikan, agama, kesehatan, kominfo dan PT. POS Indonesia, serta dukungan seluruh masyarakat kabupaten Trenggalek. Ini sedikit catatan saya, mohon maaf jika ada salah kata atau informasi yang kurang jelas. Untuk informasi lebih jelas silahkan hubungi pendamping PKH yang ada di seluruh kecamatan di Kabupaten Trenggalek :).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *