Istilah “Kimcil” ??

Beberapa hari yang lalu saya tergelitik dengan istilah anak-anak yang sering bilang “kimcil”.  Setelah saya amati, ternyata banyak pula sticker yang dipasang di motor, helm dan bahkan kaos yang disablon dengan tulisan kimcil. Ada tulisan “Pemburu kimcil”, “Anti kimcil”, “Dicari kimcil” dan tulisan-tulisan lain yang mengandung kata kimcil.

Karena rasa penasaran saya dengan istilah kimcil saya sempat tanya ke beberapa anak tentang apa sih sebenarnya kimcil itu ??  Ternyata tak ada satupun yang mau memberi penjelasan, entah tidak mau atau memang juga tidak tau apa maksud dari istilah kimcil. Karena rasa penasaran dan mungkin saya termasuk bukan anak gaul, saya masukkan kata kunci “kepanjangan kimcil” di mesin pencari google. 

Dari informasi di google saya jadi sedikit tau tentang istilah kimcil. Mungkin orang dilingkungan saya akan menganggapnya istilah saru atau kurang sopan jika dijabarkan tapi saya mohon maaf jika saya menyebutnya dengan apa adanya karena ini istilah umum dan saat ini sedang ngetrend dikalangan anak-anak. Istilah kimcil ternyata ada beberapa kepanjangan dan menurut saya punya makna cenderung negatif. Kimcil ada yang menyebut kimpol kecil, kim = kimpol / kentol (jawa) / betis, cil = cilik. Ada juga yang mengistilahkan kim = kimpet (bahasa walikan khas malang tempik) / kemaluan wanita, cil = cilik dan ada juga yang bilang kim = kimpoi / nikah / kawin , cil = cilik.  Dari istilah tentang kimcil mungkin ada yang bisa menjelaskan lagi ?? 🙂

Tulisan amburadul ini hanya catatan kecil saya yang penasaran dengan kata-kata “kimcil” dimana sering saya dengar dari anak-anak seusia sekolah sma/smk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *